Laman

Jumat, 22 Agustus 2014

Wanita : Jilbab Punuk Unta VS Punuk Alien

Assalamu'alaykum Warohmatullahiwabarokaatuh...
Selamat pagi teman-teman.... Apa kabar? Semoga saja Insya Allah dalam keadaan baik dan sehat... Aammiinn...

Jum'at di pagi hari adalah waktu yang cukup indah untuk memulai kegiatan untuk hari ini, lebih enak lagi apabila sudah sarapan beberapa suap nasi dengan lauk yang sudah pastu harus bergizi.. Sehingga tubuh ini dapat beraktifitas sesuka hati untuk mendapatkan ridho dan rizki dari Illahi....

Nah, pagi ini Andra akan melunasi janji Andra mengenai artikel Punuk Unta VS Punuk Alien...Semua tulisan yang ada nanti adalah menurut pandang dari Andra sendiri ditambah dengan beberapa sumber dari internet... Sehingga, kalaupun ada kesalahan mohon untuk dimaafkan karena manusia itu tidak pernah terlepas dari kesalahan... Semoga teman-teman dapat mengambil manfaat dari tulisan ini...

Ini dia.... !!! Tarrraaa... :D

Jilbab, kerudung, atau apapun namanya itu merupakan suatu pakaian untuk muslimah di mana yang difungsikan sebagai penutup aurat dari ujung kepala hingga menutupi dada. Untuk selanjutnya kita sebut dengan satu nama saja, yaitu JILBAB.
Jilbab merupakan ciri pakaian muslimah. Seorang wanita yang mengaku beragama Islam, sudah sewajarnya mengikuti cara berpakaian yang menutupi aurat, salah satunya yaitu dengan mengenakan jilbab tersebut.

Kriteria pemakaian jilbab adalah dengan menutupi ujung kepala hingga dada, dan tidak menampakkan lekuk tubuh. Jadi, jilbab yang dikenakan haruslah sedikit longgar dan tidak tembus pandang. Karena, banyak jilbab-jilbab sekarang ini yang ketika dikenakan masih dapat memperlihatkan rambut si pengguna, ada pula jilbab yang sangat pendek sehingga tidak menutupi dada pengguna. Menurut Andra, tentu saja hal ini sudah melenceng dari apa apa yang telah diajarkan dalam Islam.

Berikut firman Allah SWT dalam surah Al-Ahzab ayat 59 :


يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْلأزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْجَلابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُغَفُورًا رَحِيمًا (٥٩)

Artinya : "Hai Nabi, Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin : "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya[**] ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS Al Ahzab:59)
[**] Jilbab ialah sejenisbaju kurung yang lapang yang dapat menutup kepala, muka dan dada.

Berikut firman Allah SWT dalam surah An-Nur ayat 31 :

وَقُلْلِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَفُرُوجَهُنَّوَلا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَبِخُمُرِهِنَّعَلَى جُيُوبِهِنَّ وَلا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلالِبُعُولَتِهِنَّ أَوْآبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْأَبْنَائِهِنَّ أَوْأَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِيإِخْوَانِهِنَّأَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَامَلَكَتْأَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الإرْبَةِ مِنَالرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِالَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَى عَوْرَاتِالنِّسَاءِ وَلا يَضْرِبْنَبِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَمِنْ زِينَتِهِنَّ وَتُوبُوا إِلَىاللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَاالْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (٣١)

Artinya : " Katakanlah kepada wanitayang beriman: "Hendaklah mereka menahanpandangannya, dan kemaluannya, danjanganlah mereka Menampakkan perhiasannya,kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. dan hendaklah mereka menutupkan kainkudung kedadanya, dan janganlahMenampakkan perhiasannya kecuali kepada suamimereka, atau ayah mereka, atauayah suami mereka, atau putera-putera mereka,atau putera-putera suami mereka,atau saudara-saudara laki-laki mereka, atauputera-putera saudara lelakimereka, atau putera-putera saudara perempuanmereka, atau wanita-wanita Islam,atau budak- budak yang mereka miliki, ataupelayan-pelayan laki-laki yang tidakmempunyai keinginan (terhadap wanita) atauanak-anak yang belum mengertitentang aurat wanita. dan janganlah merekamemukulkan kakinyua agar diketahuiperhiasan yang mereka sembunyikan. danbertaubatlah kamu sekalian kepada Allah,Hai orang-orang yang beriman supayakamu beruntung." (QS An Nuur:31)

Dari ayat Al-Qur'an di atas maka dapat disimpulkan bahwa menutupi aurat termasuk juga berjilbab adalah perintah Allah yang hukumnya wajib untuk dilaksanakan. Semua itu dilakukan bukan tanpa alasan, semua itu agar para wanita lebih mudah untuk dikenal, dan tidak diganggu oleh orang lain.

Sejauh ini, Andra rasa mengerti mengenai jilbab secara garis besar... Oke kita lanjutkan lagi ya...

Camel Hum Jilbab alias Jilbab punuk unta, bukanlah hal yang aneh lagi melihat teman-teman kita, atau orang lain mengenakan jilbab tapi ada tonjolan rambut di belakang kepalanya. Kalau menurut Andra sih, hal seperti ini agak aneh untuk dilihat karena kadangkala ada yang gumpalan ikatan rambutnya itu terlalu besar, mungkin hal itu dikarenakan rambutnya yang terlalu panjang, mungkin...
Nah, camel hump jilbab ini cukup ngetrend dikalangan jilbabers sekalian. Penyebab boomingnya camel hump jilbab ini tidak lain tidak bukan karena pengaruh televisi yang menampilkan para artis mengenakan jilbab dengan model seperti ini. Sehingga, karena para artis memakainya, masyarakat berpikir bahwa ini adalah keren, dan SIMSALABIM! jadilah trend camel hump jilbab.

Bukan hanya tidak terlalu sedap untuk dipandang bahkan sebenarnya jilbab punuk unta ini telah dilarang oleh Rasulullah SAW berikut hadistnya :

“Ada dua golongan penduduk neraka yang belum aku melihat keduanya, (1) Kaum yang membawa cemeti seperti ekor sapi untuk mencambuk manusia (maksudnya penguasa yang dzalim) dan (2) perempuan-perempuan yang berpakaian tapi telanjang, cenderung kepada kemaksiatan dan membuat orang lain juga cenderung kepada kemaksiatan. Kepala-kepala mereka seperti punuk-punuk unta yang berlenggak-lenggok. Mereka tidak masuk surga dan tidak mencium bau wanginya. Padahal bau wangi syurga itu tercium dari jarak perjalanan sekian dan sekian waktu (jaraknya jauh sekali).” (HR. Muslim dan yang lainnya).

"Penafsiran yang masyhur makna “kepala-kepala mereka seperti punuk-punuk unta” adalah mereka membuat kepala mereka menjadi nampak besar dengan menggunakan kain kerudung atau selempang dan lainnya yang digulung di atas kepala sehingga mirip dengan punuk-punuk unta.

Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani dalam fatwanya menyatakan, seorang wanita mengumpulkan (menggelung/sanggul) rambutnya di atas lehernya dan di belakang kepalanya yang membentuk benjolan sehingga ketika wanita itu memakai hijab, terlihat bentuk rambutnya dari belakang hijabnya  adalah kesalahan yang terjadi pada banyak wanita yang memakai jilbab. Sesungguhnya hal ini menyelisihi syarat hijab yang telah kukumpulkan dalam kitabku “Hijab al-Mar’ah al-Muslimah 
minal Kitab was Sunnah”.

Di antara syarat-syarat tersebut adalah pakaian mereka tidak membentuk bagian tubuh atau sesuatu dari tubuh wanita tersebut, oleh karena itu tidak boleh bagi seorang wanita menggelung rambutnya dibelakang kepalanya atau disampingnya yang akan menonjol seperti itu, sehingga tampaklah bagi penglihatan orang, walaupun tanpa sengaja bahwa itu adalah rambut yang lebat atau pendek. Maka, wajib untuk mengurainya dan tidak menumpuknya. (Fatwa ‘Al-Lajnah Ad-Da’imah).

Semoga para Muslimah berjilbab segera menyadarinya dan segera mengubah gaya jilbabnya. Para perancang busana Muslimah juga hendaknya diberitahu dan menyadari agar merancang jilbab yang sesuai dengan syariat Islam. Wallahu a’lam.*" (dikutip dari 
http://inilahrisalahislam.blogspot.com/2013/09/jilbab-punuk-unta-dilarang-dalam-islam.html)

Nah, menurut Andra sudah seharusnyalah kaum wanita muslimah meninggalkan cara berjilbab seperti ini. Mungkin tidak bisa serta merta, tetapi apabila kita memang niat Insya Allah ada jalan.
Andra pernah mencoba bertanya kepada beberapa subjek, kebanyakan alasan mengenakan jilbab model ini adalah karena PANAS. Memang Andra tidak pernah mengenakan jilbab ataupun merasakannya karena saya laki-laki. Tetapi ingat pepatah ala bisa karena biasa? Yah begitulah kira-kira, Insya Allah nantinya kalau sudah terbiasa tidak akan panas lagi. Andra kasih tips nih teknik berhijab supaya tidak terlalu panas.
Teknik Berkuncir yang baik

Jilbab Punuk UNTA VS PUNUK ALIEN... :D

Andra membayangkan bagaimana jadinya kalau lama-lama jilbab punuk unta ini terus menyebar dan keluarlah desain-desain model jilbab seperti ini yang baru. Lama-lama yang ada bukan lagi punuk unta, tetepi PUNUK ALIEN... Dengan begini teori evolusi darwin sudah terbukti... -_-
Kerudung Alien
Jilbab punuk Unta -----> Jilbab punuk Alien
Ini berarti kita adalah saudaranya alien dong? -_-'


Nggak mau kan nogkrong bareng alien? Syerem banget... -_-'

Nah, semoga tulisan yang Andra buat ini dapat bermanfaat untuk kita semua... Aammiinn...
Tentunya tulisan ini tidaklah sempurna maka apabila ada kesalahan mohon untuk dimaafkan...
Apabila teman-teman ingin tau lebih lanju mengenai Jilbab atau hal seputar itu, teman-teman dapat mencarinya di internet atau bertanya kepada oang yang sudah ahli semisal Ustadz...

Di akhir, Andra mau bagi-bagi beberapa gambar yang Andra kebetulan peroleh dari internet...
So, Daah... :D

Wassalamu'alaykum Warohmatullahiwabarokatuh...

Gambar-gambar dari Oom Google : 
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar