Laman

Minggu, 29 Desember 2013

Tips Merawat Kojing Alias Laptop

http://2.bp.blogspot.com/-aJRyhnPJLJE/Uln5uqn-wEI/AAAAAAAABVQ/RWuJfqU-MtU/s200/membersihkan+laptop.jpg
Guten Morgen... :D Selamat pagi teman-teman... Pagi yang cukup cerah untuk mengawali hari yang indah ini, Insya Allah... Aammiinn... :)
Nah, teman-teman sudah pada bangun semua kan? Atatu masih ada yang nyenyak yaa? Hahaha... Efek hari Minggu yaa? Hahaha... Andra sarankan agar yang masih tidur segera bangun yaaa, biar rezekinya lancar... Aammiinn.. :D

Pagi ini seperti biasa Andra akan berbagi sedikit tips buat teman-teman semuanya. Yah, tips hari ini merupakan tips tentang cara merawat kojing (komputer jinjing) atau biasanya kita sebut dengan laptop atau notebook. Teman-teman pasti diantara kalian ada yang mempunyai problem sama kojingnya bukan? Nah, problem tersebut tidak lain disebabkan oleh teman-teman sendiri selain keadaan kojing yang dimakan oleh waktu. Jadi biar kojing kita tetap awet dan prima, Andra memberikan tips berikut ini. Selamat membacaaa... :D JREEENGG!!!

1. Jagalah Kebersihan Kojing Teman-teman

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiH2-BsPHVLCjNhAh428PHJO0zV1AuVtwYgrjeUgo33qt66K8_16B8SW2Eg8ZFN7UfExfyhsPesZGIOjOm9kL4I7Ies5pIGiF1tC_6OGjjfvfFvdDsjba8bm9O0aajCgHwFTyT0vq7fR6lE/s1600/bersih-lcd.jpeghttp://rumpitekno.com/assets/bersihkan-laptop-1-300x162.jpgNah nah, tips yang pertama adalah kita harus menjaga kebersihan kojing teman-teman. Karena kotoran yang menempel di kojing akan membuat kondisik kojing memburuk semisal, penampilannya menjadi jelek, ada gangguan dalam menekan tuts keyboard, ada yang ngeganjel di fannya dan masih banyak lagi. teman-teman pasti pernah lihat kojing yang kucel banget bukan? Nah, coba teman-teman bandingkan laptop lama yang terawat dan bersih dengan laptop keluaran baru yang kucelnya minta ampun. :D PAsti lebih menarik laptop lama yang terawat dan bersih bukan karena kondisinya lebih prima. Jadi, jagalah kebersihan kojing teman-teman.


2. Menjaga Kojing agar Tidak Kehilangan Daya

Hal ini merupakan salah satu hal yang fatal, kenapa bisa dikatakan demikian. Kebanyakan dari teman-teman pasti pernah melepas baterai laptopnya masing-masing bukan? Nah secara tidak langsung teman-teman sudah membahayakan kondisi kojing teman-teman sendiri. Kojing yang dihubungkan langsung ke sumber arus tanpa baterai akan segera kehilangan daya apabila listrik tiba-tiba padam. Nah, hal tersebut akan merusak komponen kojing teman-teman, baik dalan jangka waktu yang pendek maupun dalam jangka waktu yang panjang. Jadi, gunakanlah kojing sebagaimana mestinya. Charge kojing ketika mau dipakai, lepas charger ketika baterai sudah terisi penuh. Dan jangan gunakan kojing tanpa baterai dengan alasan menjaga umur baterai.

3. Rawatlah Kodisi Baterai Kojing Teman-teman

Baterai merupakan sumber daya dari sebuah kojing. Bisa dibilang baterai adalah nyawanya si kojing. Namun apa jadinya bila baterai kojing kita tidak seprima dulu. Nih, hal tersebut karena teman-teman sering melakukan kebiasaan buruk, yaitu mengecharge kojing melebihi waktu yang ditentukan. Normalnya, teman-teman harus segera memutuskan koneksi antara charger dengan kojing ketika baterai kojing sudah terisi penuh. Karena ketika baterai sudah terisi penuh dan charger masih terkoneksi, dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel baterai teman-teman. Sehingga umur baterai akan cepat berkurang. Teman-teman pasti pernah kan mengalami baterai kojing yang hanya bisa bertahan 10 menit? Bahkan 5 menit. Semua itu karena teman-teman tidak merawat kondisi baterai kojing teman-teman dengan baik. Jadi, segera putuskan koneksi charger ke kojing apabila baterai sudah terisi penuh.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhhDvVQuRO-bZTIJH0HZ8X44l4UILK7pPmVEIlYleXNL009JQ7O0W5ygkphxPIAmd3lPMRju6zlvMMeEv59wJw98C7rqaz4hQ6epeybv56Y20Z9-qjDS9xfHaqGu2fzWX6FDKQ8uwe74tU/s1600/Cara-Agar-Baterai-Laptop-Awet.gifDan jangan lupa, mengecharge kojing yang sedang menyala juga dapat memperburuk kondisi baterai, karena baterai yang sel-selnya baru diisi segera terpakai sehingga juga dapat menyebabkan kerusakan padanya. Saran Andra sih pastikan kojing dalam keadaan tidak menyala ketika pengisian daya, dan segera putuskan koneksi charger - kojing ketika daya sudah terisi penuh (waktu normal pengisian daya lebih kurang 120 menit).

4. Defrag Kojing Teman-teman

http://fey777.com/wp-content/uploads/2013/07/laptop.pngTiga tips di atas masih pada kondisi fisk kojing. Nah, sekarang kita merambah ke kondisi di dalamnya. Teman-teman defrag adalah penyusunan file dengan disk defragmenter (pada Windows) untuk menyusun disk-disk yang ada di kojing. Karena kinerja kojing juga ditentukan dari "kerapian data di dalamnya". Nah, kenapa kita harus mendefrag? Jawabannya adalah karena pada saat kita menghapus suatu data dari kojing, maka data tersebut akan hilang dari sector penyimpanan tersebut. Jadi misal kita punya 4 sektor penyimpanan dan kita akan akan menghapus salah satunya (yang dicetak tebal masih mempunyai data, yang tidak cetak tebal sector yang sudah dihapus datanya. 1 2 3 4 nah kemudian kita menghapus data yang kebetulan ada di sektor 2, maka pada disk akan jadi seperti ini 1 2 3 4 . Nah teman-teman bisa lihat kan? Ada sektor yang tidak terisi? Nah fungsi defragmenter adalah merapikannya, sehingga menjadi seperti ini 1 2 3 4 . Tuh kan, jauh lebih rapi dan kinerja kojing jadi lebih cepat karena tidak harus menganalisis di mana sektor yang masih kosong untuk menyimpanan suatu data. Jadi Andra saran kan lakukan deframent disk teman-teman secara berkala.

5. Gunakan Kojing dengan Baik

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0Kq91VRYOmmqKcQxXf-soaOwkyLZWq2dgV6BCtlx5Ku6489fxDXIWFVQFhLKGHouSNix858wFAxQ6_H4nX1s1is5dn0QnqSAZwhE-L8XXHeeNcTIdTW2eAbEEE6qv0WvLT1ZwKW7ajfat/s1600/feature01.jpg
Maksudnya gunakan dengan baik adalah teman-teman harus menggunakan kojing teman-teman secara baik. Tidak diperlakukan secara kasar. Dan juga teman-teman harus meletakkan kojing teman-teman di tempat yang datar agar fan di kojing dapat berkerja dengan baik. Jika teman-teman meletakkan kojing misalnya di atas paha, kasur, dan permukaan tidak datar lainnya. Maka akan menyebabkan kojing menjadi cepat panas karena menggangu sistem kerja fan kojing. Juga dapat menyebabkan kerusakan komponen-komponen pada kojing dengan kojing yang terlalu panas. Solusinya, letakkan kojing di tempat yang datar dan gunakan cooling pad atau pendingin kojing tambahan jika diperlukan

Nah, itulah lima tips dari Andra tentang cara merawat kojing alias laptop. Semoga teman-teman merawat kojingnya dengan benar ya. Dan Selamat beraktifitas dengan kojing kesayangan teman-teman... :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar